October 31, 2020

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan di Pagi Hari agar Aktif Awali Aktivitasnya

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan di Pagi Hari agar Aktif Awali Aktivitasnya

Kendala anak susah makan memang sudah biasa karena berbagai faktor. Terlebih ketika makan pagi, penolakan anak sangat keras. Sikapnya ini cukup mengkhawatirkan mengingat sarapan sangat penting bagi stamina tubuh dalam mengawali hari. Sebagai solusinya, terapkan cara mengatasi anak susah makan berikut ini agar asupan sehatnya tetap masuk di pagi hari.

  1. Memberi Porsi yang Lebih Kecil

Makan pagi sebagai suplai energi sebelum beraktivitas memang harus dilakukan demi aktivitas yang optimal. Kesehatan tubuh dan sistem imun akan terjaga jika ada tenaga sebelum beraktivitas. Jadi, anak tidak akan lemas melakukan kegiatan di awal hari. Keaktifannya juga terjaga. Untuk membiasakan anak makan pagi, mulailah berikan porsi sarapan yang lebih kecil dari biasanya.

Cara tersebut terbukti bisa memudahkan anak dalam menghabiskan makanannya. Ia tidak akan merasa mual atau tidak selera karena porsinya pasti bisa dihabiskan. Penolakannya juga akan berkurang. Jangan lupa, tetap temani aktivitas makan paginya agar ia semakin bersemangat menghabiskan makanannya.

  1. Memberi Menu Lezat dan Menarik

Cara berikutnya adalah memberi menu lezat dan menarik untuk anak agar ia tidak bosan dan semakin bersemangat menghabiskan sarapannya. Semua ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan nutrisinya di pagi hari agar tumbuh kembangnya optimal.

Jadi, siapkan menu sehat yang lezat dan sajikan semenarik mungkin. Terapkan sistem plating yang menarik dan gunakan perlengkapan makan favorit si kecil agar ia tertarik. Mood-nya juga semakin meningkat.

  1. Menciptakan Suasana Makan yang Mengasyikkan

Suasana makan sangat berkaitan dengan kemauan anak untuk makan pagi. Anda dapat menciptakan suasana makan yang menarik demi memotivasi anak agar mau sarapan. Contohnya adalah menemaninya makan, makan bersama, atau mengajaknya menikmati sarapan di taman rumah. Selain itu, Anda bisa menghiburnya dengan musik atau menceritakan sebuah kisah.

  1. Memberi Contoh

Memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak sudah menjadi kewajiban orang tua. Salah satunya adalah dalam hal memberi contoh untuk selalu makan pagi. Makan yang teratur termasuk di pagi hari ini perlu dibiasakan agar kegiatan yang dilakukan sudah optimal sejak pagi. Kebutuhan nutrisi juga akan terpenuhi secara optimal dan menjamin tumbuh kembang anak sesuai usianya.

  1. Membiasakan Bangun Lebih Awal

Bangun lebih awal sangat membantu karena membuat anak merasa sudah lapar pada saat waktunya makan pagi. Kebiasaan bangun lebih awal ini bisa diterapkan agar anak tetap teratur makan paginya.

Setelah bangun dan mandi, si kecil sudah merasakan lapar dan tentu saja kondisi ini membuatnya mau sarapan meskipun dalam porsi yang lebih sedikit. Jadi, tetaplah lengkapi kelengkapan gizinya agar apa yang dimakan si kecil sudah mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Menjaga kesehatan tubuh tidak boleh ditawar lagi. meskipun anak menolak pada awalnya, Anda harus selalu siap membujuknya dengan berbagai cara demi mengubah kebiasaannya yang tak mau makan pagi. Setiap cara mengatasi anak susah makan di atas sudah bijak dan mampu membantu mengubah sikap anak yang malas sarapan. Jadi, lakukan cara di atas setiap hari agar anak terbiasa.