December 4, 2020

Ini Dia Macam-Macam Industri Kreatif yang Paling Banyak di Lakoni

Ini Dia Macam-Macam Industri Kreatif yang Paling Banyak di Lakoni

Industri kreatif dengan segala peluang menariknya kini sedang banyak disukai. Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 24 ribu pelaku industri tentunya dengan macam-macam industri kreatif yang berbeda. Jumlah ini jadi salah satu penggerak roda ekonomi terbesar.

Sekitar 16 sub sektor industri kreatif dan 10 sub yang paling popular. Kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak sub tersebut. Bahkan bila memungkinkan kamu bisa menjalani dua sub sekaligus. Masih bingung ada apa saja? Simak ulasan ini hingga akhir.

Macam-Macam Industri Kreatif

Industri dan kreatif, ternyata dua hal yang bila digabungkan akan menciptakan suatu peluang bisnis yang menggiurkan. Tidak melihat status atau latar belakang penggelutnya, berikut 10 macam industri kreatif yang bisa diselami sesuai minat:

  • Kerajinan

Penyuka kerajinan tangan seperti keramik, sulaman, tali temali hingga kerajinan lainnya bisa berkumpul di sub ini. Sub industri kreatif ini pada dasarnya bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan pekerja lain.

Industri kreatif ini bisa dilakukan dengan konsep industri rumahan atau bisa juga dijadikan selingan. Salah satu contoh yang paling sering di dengar yakni industri sulam atau keramik rumah tangga. Berminat bermain di sektor ini?

  • Musik

Biasanya musik hanya dimainkan dan dianggap sekedar hobi. Namun berbeda dengan saat ini musik masuk dalam macam-macam industri kreatif. Dimana proses pembuatan nada hingga mastering karya melibatkan proses kreatif.

Satu hal yang berkontribusi besar dalam industri jenis ini adalah teknologi. Perkembangan industri di sektor ini banyak perkembangan yang dipadukan dengan kemajuan teknologi di dalamnya. Banyak elemen musik baru yang justru membuka peluang industri yang lebih besar.

  • Kuliner 

Siapa yang tidak mengenal sektor ini? Kuliner jadi salah satu macam industri kreatif dengan pangsa pasar yang tidak pernah mati. Kamu yang punya selera bisnis di sektor ini tentu bisa memulai dengan modal rendah.

Berhubung selera makanan yang begitu beragam kamu tidak perlu repot membuat formula baru dari suatu resep makanan. Hanya diperlukan sedikit inovasi seperti pada kemasan hingga tambahan varian rasa untuk menarik perhatian konsumen.

  • Periklanan

Jadi salah satu sektor dengan keuntungan yang paling menggiurkan, periklanan termasuk dalam industri kreatif dengan persaingan yang cukup ketat. Pasalnya bukan hanya ciri khas yang di jual tapi juga tekik dan cara kerja yang ikut jadi perhatian utama.

Modal peralatan tertentu seperti alat rekam, pencahayaan yang cukup, hingga perangkat komputer untuk editan perlu dipersiapkan sejak awal. Tidak kalah penting, kamu harus bisa mencari SDM tambahan yang kompeten di bidangnya.

  • Fashion

Fashion, atau gaya berpakaian juga masuk dalam sub industri kreatif. Tahu kah kamu bahwa sektor ini menyumbang banyak angka kemajuan ekonomi dalam negara. Pangsa pasarnya pun lebih luas dibanding dengan sub kuliner.

Fashion yang terus berkembang dengan sendirinya tanpa harus menemukan formula tertentu membuat setiap pelakunya tidak perlu berpikir terlalu keras. Namun yang menjadi tantangan yakni cara pemasaran yang tepat agar produk industri bisa merambah pasar luas dengan cepat.

  • Fotografi dan Videografi

Hampir sejenis dengan periklanan, fotografi dan videografi kini banyak digunakan untuk mengabadikan pengalaman pribadi. Banyak alasan mendasar kenapa industri kreatif ini cukup berkembang.

Salah satunya kemudahan mengabadikan momen dengan hasil yang memuaskan tanpa perlu ribet mengeluarkan segala peralatan foto. Contohnya jasa fotografi perjalanan yang kini jadi industri pesat bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.

  • Desain Digital

Sangat berhubungan dengan industri kreatif sub ini justru sedang banyak banyaknya digandrungi oleh milenial. Desain dengan ciri khas ringan namun tetap memperhatikan komposisi warna jadi hal unik desain khas milenial.

Kamu yang memiliki minat dalam ranah desain bisa ikut berkecimpung dalam sektor ini. Tidak perlu bagus yang penting desain yang diproduksi memiliki ciri khas. Untuk dapat bersaing di sektor ini memang butuh kegigihan. Namun siapa yang bisa mengira masa depan?

  • Pertunjukan Seni

Dulu pertunjukan seni hanya bisa diselenggarakan untuk kaum elite. Namun berbeda dengan saat ini pertunjukan seni bisa diselenggarakan kapan pun dan dimanapun. Bahkan ranah  ini termasuk dalam ranah industri kreatif.

Memaksimalkan potensi seni daerah untuk dipertunjukkan ke khalayak umum merupakan suatu industri yang bukan hanya menjanjikan income yang besar tapi juga berperan sebagai langkah pelestarian. Berminat berkecimpung dalam sektor ini?

  • Desa Wisata

Tidak jauh berbeda dengan pertunjukan seni yang mengeksplor potensi di daerah tertentu, desa wisata memaksimalkan seluruh potensi yang ada di tempat sendiri. Jadi pemaksimalan berfokus di daerah industri tersebut dengan SDM warga sekitar.

Hal apa pun bisa jadi sumber industri. Mulai dari objek alami, kegiatan kerajinan setempat hingga kreasi seni lainnya. Pemasaran bisa dilakukan dengan pemanfaatan digital. Selain ramah lingkungan industri ini akan berdampak besar pada ekonomi kerakyatan.

  • Desain Interior

Terakhir, desain interior. Tentunya sektor ini lebih banyak dilakukan oleh seseorang dengan bekal pengetahuan tentang interior. Namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa berkecimpung di dalamnya menggunakan kreativitas yang dimiliki.

Agar industri berjalan lancar kamu bisa memperhatikan dulu target pasar juga selera asar. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada ahlinya baik terkait sistem industri interior maupun desain interiornya.

Sudah menentukan pilihan sektor mana yang akan? Ada baiknya untuk melakukan persiapan terlebih dahulu secara matang. Persiapan modal hingga tekad jadi fondasi dalam industri kreatif. Macam-macam industri kreatif di atas merupakan contoh, kamu bisa mencari sub lainnya yang sesuai dengan minat.

Referensi : https://www.kemenparekraf.go.id/