April 18, 2021

4 Manfaat MPASI Untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

4 Manfaat MPASI Untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

Ketika si kecil berusia 6 bulan, sudah saatnya ibu memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk si kecil. Terdapat berbagai manfaat MPASI yang penting bagi si kecil namun karena merupakan asupan makanan pertama untuk si kecil selain ASI, ibu tentu harus memilih MPASI dengan baik agar mendorong tumbuh kembangnya.

4 Manfaat MPASI

MPASI diberikan dengan tujuan untuk melatih si kecil untuk makan, melatih pencernaannya, gigi, dan juga meningkatkan indera perasa si kecil dengan mengenali berbagai rasa dan tekstur makanan. Namun MPASI haruslah berupa makanan sehat dan yang mudah dicerna si kecil serta masih harus tetap dibarengi dengan pemberian ASI. Penting bagi ibu untuk memahami tujuan MPASI dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

  1. Perkembangan otak

Bayi yang mengonsumsi zat besi selama 2 tahun pertama kehidupannya akan memiliki daya pikir yang lebih baik dibandingkan bayi yang kekurangan zat besi. Maka dari itu ibu bisa memberikan MPASI untuk bayi yang mengandung zat besi untuk mendukung perkembangan otaknya. Perkembangan otak bayi yang baik meningkatkan kemampuan anak lebih cepat belajar menulis dan membaca.

Ibu bisa memberikan si kecil bayam, ikan yang kaya kandungan omega 3, semangka, brokoi, tomat, jeruk, jambu, susu, apel, dan makanan lainnya yang kaya akan zat besi. Namun pastikan untuk menghaluskan makanan terlebih dahulu dengan blender atau alat khusus penghalus makanan bayi karena gigi bayi masih belum tumbuh sempurna dan pencernaan bayi masih belum sempurna.

  1. Pertumbuhan gigi yang baik

Pada umur 8 bulan, gigi si kecil akan mulai tumbuh. Untuk mendukung pertumbuhan ini, berikan MPASI yang baik karena salah satu manfaat MPASI yaitu mendorong pertumbuhan gigi yang baik serta melatih gigi anak dalam mengunyah dan menggigit makanan.

Maka dari itu ibu bisa memberikan berbagai makanan yang berbeda-beda setiap harinya kepada si kecil agar anak bisa mulai mengenal berbagai makanan yang diberikan kepadanya. Ibu bisa memberikan sereal, telur, susu, gandum, yogurt, sayuran hijau, oatmeal, dan pisang.

  1. Menguatkan tulang

Apabila ibu memberikan menu MPASI yang sehat, hal ini akan mendorong pertumbuhan si kecil karena tulang si kecil akan lebih kuat, padat, dan juga akan tetap terjaga. MPASI yang bisa diberikan yaitu susu, ikan, gandum, brokoli, telur, dan daging.

  1. Kemampuan menggenggam

Ternyata, manfaat MPASI dapat meningkatkan kemampuan menggenggam si kecil. Hal ini karena bayi akan aktif dan menggenggam apa saja yang ada di depannya. Saat makan, bayi bahkan akan mencoba menggenggam apa saja baik itu sendok, piring, mangkuk, gelas, bahkan mencoba menggenggam makanan yang ada di depannya. Biarkan bayi mencoba menggenggam alat makannya sebagai stimulasi sensor motorik si kecil.